loading...

SEARCH ENGINE

alat kerja bangku

Gergaji tangan
Gergaji tangan adalah perkakas tangan yang terdiri dari sengkang dan daun
gergaji.Sengkang gergaji ada yang tetap dan ada yang dapat diatur panjang
pendeknya menyesuaikan panjang daun gergaji yang digunakan.Sengkang
gergaji berfungsi sebagai pemegang sekaligus penegang daun gergaji saat
digunakan.Daun gergaji berupa baja tipis bergigi tajam pada salah satu atau
kedua sisinya yang digunakan untuk memotong/mengikisbenda kerja.Daun
gergaji adalah sangat keras karena terbuat dari baja perkakas yang pada
umumnya dari baja kecepatan tinggi (Hight Speed Steel/HSS).

Pahat
Pahat adalah alat pemotong yang terbuat dari baja perkakas non paduan
atau baja paduan baik paduan rendah maupun paduan tinggi.Ada beberapa
macam pahat menurut fungsinya yaitu pahat datar, pahat alur, pahat dam,
pahat diamon, dan pahat setengah bulat atau pahat kuku.


Kikir 
Kikir adalah salah satu alat yang digunakan untuk menyerut atau mengikis permukaan benda kerja.Sebagai perkakas tangan, kikir terbuat dari baja perkakas berkarbon tinggi berbentuk bilah dengan permukaan bergurat/ bergigi sejajar yang diperkeras dan tajam.Bagian-bagian utama dari kikir adalah terdiri dari bilah/badan kikir dan puncak/tangkai kikir, dan supaya dapat dan aman digunakan harus dilengkapi dengan gagang kikir yang terbuat dari kayu atau plastik.Kikir tesedia dalam berbagai macam ukuran, bentuk, guratan, dan konfigurasi gigi.Ditinjau dari bentuk penampangnya, kikir yang umum digunakan (dalam kerja bangku) adalah kikir datar (flat), kikir setengah bulat, kikir bujur sangkar, kikir segitiga, dan kikir bulat.


Bor
Bor atau gurdi digunakan untuk membuat lubang atau mengebor bermacammacam bahan teknik yaitu bahan logam seperti plat besi, aluminium, kuningan dan bahan non logam seperti plastik, acrylic, dsb. Mata bor tersedia dalam berbagai macam dan dapat dibedakan dari bahannya, hanya saja yang umum dipasaran adalah HSS (High Speed Steel) atau HSS-Co ( HSS-Cobalt ) walaupun ada yang type khusus untuk material tertentu. HSS-Co lebih keras daripada HSS biasa, sehingga dalam penggunaan lebih awet dan tentunya dari segi harga lebih mahal dari HSS biasa. Mata bor besi standar berbentuk silinder rata (straight shank) bergalur helik (spiral) disepanjang badan bor yang biasa digunakan pada unit bor tangan, bor duduk/pilar atau mesin-mesin pemrosesan logam lainnya, bentuk yang khusus hanya berbeda pada bagian pangkal/tangkai, yaitu tirus seperti kerucut (taper shank) yang digunakan sesuai dengan unit mesin bor atau mesin pemrosesan logam lainnya.Karena bergalur helik disepanjang badannya maka mata bor ini sering disebut bor spiral. Gambar 1.31 Mata Bor Spiral Mata bor spiral terdiri dari dua bagian utama yaitu tangkai dan badan bor, ada yang diberi leher diantara tangkai dan badan, terutama mata bor bertangkai tirus. Panjang bor dihitung mulai dari pangkal tangkai sampai ujung badan bor (mata bor).Ukuran bor berdasarkan diameter pada bibir potongnya, tersedia dalam satuan metrik atau satuan imperial.Ukuran bor dicantumkan pada tangkai bor.

Tap 
Tap adalah alat yang digunakan untuk mebuat ulir dalam. Untuk pembuatan setiap tingkat ukuran ulir diperlukan satu set tap yang terdiri dari tiga buah tap yang masing-masing harus digunakan secara berurutan sesuai dengan tingkat volume pemotongannya. Untuk mengetahui mana tap pertama, kedua, dan ketiga dapat dilihat dari tingkat kekonisan pada ujungnya. Tap I konis sepanjang 8-10 uliran atau sudut ketirusan ± 4q, Tap II konis sepanjang 3-4 uliran atau sudut ketirusan ± 10q, dan Tap III konis sepanjang ~1,5 uliran atau sudut ketirusan ± 20q, beberapa produk ada yang memberi tanda pada tangkainya berupa 1 strip, 2 strip, dan 3 atau tanpa strip untuk Tap I, II, dan III. Ditinjau dari tingkat volume hasil pemotongannya, Tap I memotong ± 55%, Tap II memotong ± 25%, dan Tap III memotong ± 20%.Ukuran diameter Tap diukur dari puncak ke puncak ulirnya, ada yang dalam Metrik (mm) dan ada yang dalam Whitworth (inchi) dan dicantumkan pada tangkainya.

Snei
Snei adalah alat untuk membuat ulir luar pada batang silindris.Snei berbentuk cakram dengan lubang berulir ditengah (pusat). Awal ulir pada kedua sisinya dichamper sehingga membentuk tirus, untuk memusatkan alat pemotong ulir tersebut pada benda kerja dan mempermudah awal proses pemotongan.Lubang-lubang seragam, sejajar sumbu ulir, dan berhenti di bagian ulir menimbulkan sisi-sisi potong, alur alur-alur pemotong beram, dan ruang pembuangan beram.Snei ada yang dibelah pada salah satu sisi lingkarnya untuk memungkinkan pengaturan secara terbatas.


Palu Plastik 
Palu plastik (Nylon Hammer) pada bagian tengahnya terbuat dari logam dan pada kedua ujungnya terbuat dari palstik. Bagian dari plastik terikat kuat pada bagian logam yang bergalur.Pada kerja bangku palu plastik sering digunakan untuk membetulkan posisi benda kerja pada ragum bangku maupun pada ragum mesin bor


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "alat kerja bangku"

Post a Comment